OTORITAS global untuk melindungi alam, International Union for Conservation of Nature (IUCN), membuat pedoman baru. Yakni melarang masyarakat berbagi foto atau video saat berinteraksi dengan simpanse, orangutan, dan primata lainnya di media sosial guna membantu upaya konservasi spesies terancam.
Studi telah menemukan penggunaan primata dalam iklan dapat mendistorsi persepsi status konservasi hewan. Ada kekhawatiran gambar di media sosial yang menunjukkan interaksi antara manusia dengan primata akan menimbulkan efek yang sama. Peneliti telah memperhatikan pengaruh unggahan media sosial dan artikel majalah dalam karyanya mempelajari monyet Barbary yang terancam punah.
Ahli primata di University of Lincoln yang membantu merancang pedoman baru, Laëtitia Maréchal, ketika orang melihat presenter mencoba membelai primata di TV, psikologi manusia ingin meniru itu. Pedomannya tidak untuk menuding orang, tetapi untuk membantu orang-orang menyadari konsekuensinya. (MI/R4)