Telkomsel Pulihkan Komunikasi Daerah Terdampak Gempa Sulbar
TELKOMSEL berupaya memulihkan layanan telekomunikasi akibat bencana gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Seiring dengan itu, perusahaan telekomunikasi itu juga memberikan paket khusus SMS dan telpon.
Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, menjelaskan dalam musibah gempa bumi, pihaknya turut berduka. Dalam kondisi itu juga, untuk mempercepat proses evakuasi dan pendistribusian bantuan, dukungan komunikasi menjadi sangat penting.
Khususnya untuk mengabarkan keluarga, koordinasi tim terkait seperti SAR, BNPB, dan TNI-Polri, dan pengkinian informasi terkait wilayah bencana kepada pihak-pihak berkepentingan. Untuk itu, dukungan kelancaran komunikasi bagi semua pihak diperlukan dengan mengoperasikan mobile backup power (MBP) atau genset ke BTS yang membutuhkan pendukung daya listrik.
“Kami memprioritaskan pemulihan jaringan di titik-titik vital seperti kantor pemerintahan, kepolisian, posko pengungsian, rumah sakit dan posko basarnas. Selain itu kami mengirimkan tim unit siaga bencana Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity (Terra) yang bekerjasama dengan BNPB untuk membantu mendirikan posko darurat korban bencana,” kata Denny, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/1).
Selain itu, pihaknya juga menghadirkan paket khusus darurat gempa agar proses komunikasi dan evakuasi berjalan lancar. Saat ini, masyarakat di Kabupaten Majene sudah bisa menikmati layanan Telkomsel secara normal, baik layanan data, suara maupun SMS.
“Sedangkan di Kabupaten Mamuju, kini berangsur pulih seiring percepatan mobilisasi MBP atau genset dan pengoperasian tambahan compact mobile BTS (Combat),” ujarnya.
Selain mendorong percepatan pemulihan jaringan, turut disalurkan pula bantuan sosial kemanusiaan, seperti bantuan logistik. Antara lain makanan siap konsumsi, air mineral, obat-obatan, pakaian layak pakai, handuk, selimut dan membuka posko darurat selama 7–10 hari ke depan.
Kemudian turut dihadirkan paket khusus berupa akses bebas telepon dan SMS ke semua operator selama 50 menit dan 250 SMS untuk pengguna prabayar. Sementara bagi pelanggan pascabayar diberikan bebas telepon 100 menit ke sesama Telkomsel. Program itu aktif selama tujuh hari sejak aktivasi.
“Paket ini dapat diaktifkan melalui akses UMB *888*20# atau mengirimkan SMS dengan mengetik SULBAR (pengguna prabayar) atau SULBARKH (pengguna pascabayar), lalu kirim ke 8999. Periode aktivasi mulai 16–31 Januari 2021 yang dapat dilakukan satu kali selama masa aktif paket masih berlaku,” kata dia.(RAN/CR2/E1)